Rabu, 15 Juli 2009

Cerita Hercules

Pernah denger cerita tentang Hercules? Hercules merupakan tokoh pahlawan terkenal dari mitologi Yunani dan kebetulan juga salah satu cerita masa kecil favorit saya. Kisah kepahlawanannya yang luar biasa membuatnya menjadi inspirasi banyak tulisan maupun berbagai karya seni. Diceritakan bahwa Hercules merupakan putra dewa Zeus dan seorang manusia bernama Alcmene. Karena memiliki ayah seorang dewa, Hercules memiliki kekuatan dan keberanian yang luar biasa.
Satu bab yang terkenal dalam cerita Hercules adalah bagian mengenai 12 Tugas Hercules (12 Labour of Hercules), serangkaian cerita tentang perjalanan Hercules untuk menebus dosa yang telah ia lakukan dengan cara melakukan 12 tugas yang legendaris. Atas bisikan dan tipu daya Hera, Hercules tanpa sengaja membunuh istri dan ketiga putranya dalam sebuah kemarahan yang tak terkontrol. Untuk menebus dosanya, atas bisikan peramal dari Delphi (Oracle of Delphi) Hercules harus mengabdi pada Eurystheus, sepupunya yang juga merupakan raja Mycenae. Eurystheus yang tidak menyukai Hercules akhirnya memberikan 12 tugas berbahaya padanya, berharap di setiap kesempatan Hercules tewas dalam menyelesaikan tugasnya. Dan akhirnya dimulailah petualangan Hercules yang terkenal itu.
Ada satu bagian favorit dari cerita Hercules yang sangat saya sukai. Di awal perjalanannya, suatu ketika Hercules menemui jalan yang ia lewati bercabang menjadi dua. Di cabang pertama telah menunggu seorang wanita cantik, yang memperkenalkan diri sebagai Kebahagiaan. Kebahagiaan dan kenikmatan dijanjikan wanita ini apabila Hercules memilih untuk menempuh jalan yang ia jaga. Sementara di cabang jalan yang lain seorang wanita tua yang buruk rupa memperkenalkan diri sebagai Keutamaan kepada Hercules. ”Jalanku penuh kerikil tajam, halangan, dan kesulitan,” katanya kepada Hercules, ” namun di ujungnya akan kau temui sebuah keagungan dan keutamaan yang tak akan pernah padam”. Hercules memilih jalan kedua...

Tidak ada komentar: