Minggu, 06 September 2009

Jangan Cepet Marah Donk!



Ojo Gampang Nesu …

Beberapa hari yang lalu saya dapet pengalaman yang sempat bikin saya jadi terheran-heran. Saking herannya sampe bingung kudu ngapain, jadilah akhirnya saya nulis deh di blog. Jadi ceritanya gini. Waktu habis buka puasa, temen saya si Rere minta dianterin buat ngambil duit di atm. Padahal jarak antara kos sama atm sebenernya deket lho, tapi enggak tau kenapa tetep aja dianya minta dianterin. Takut katanya ( belakangan saya inget kalo dia masih trauma, soalnya bokongnya pernah tiba-tiba diremes sama banci waktu acara ke atm sebelumnya). Tapi ya sudahlah, sebagai teman yang baik toh akhirnya dia saya anterin juga.

Nah ni dia. Waktu pulang dari atm ( btw Rere ketemu lagi ma banci yang kemarin lho! ) tiba-tiba WER! Ada sepeda motor nyelonong mau nabrak saya dari depan. Mendadak tu motor berhenti di belakang saya. Dan langsung deh, yang terjadi berikutnya kayak di acara termehek-mehek gitu. Si cowoknya yang nyetir tu gak tau ngomong apa, pokoknya mbentak cewek yang dia bonceng. Ceweknya kayaknya nggak terima, terus dia mbanting helmnya ke jalan dan langsung marah-marah pake teriak-teriak. Padahal waktu itu jalan macet banget, dan dua orang itu kayak orang kesetanan. Jadi rame deh pokoknya. Malah yang cowok sempat mau jotos-jotosan ma cowok lain yang kebetulan da di situ, gak tau karena apa. Saya ma Rere cuman bisa melongo aja. Ya ampuun ....

Yang sebelumnya juga pernah lho saya lihat yang kayak gitu, tapi lebih ekstrim lagi. Ceritanya ni saya sama Rere ( Haduh! Lagi-lagi ma ni anak! Gak ada yang lain apa? ) habis beli tiket nonton Transformer 2 di XXI. Buat nunggu jam tayang yang lumayan lama akhirnya kita nunggu sambil duduk-duduk di teras samping. Lagi enak-enaknya ngobrol, eh tiba-tiba dari dalem XXI ada rame-rame. Kayak ada suara orang marah sambil teriak-teriak gitu pokoknya. Semua orang sampe pada noleh, pada penasaran. Dan Anda tahu apa yang jadi sumber keributan? Ternyata ada cewek, umurnya sekitar 28-35an gitu, keluar sambil marah-marah dari XXI lewat pintu samping. Dia ngomel keras banget, dan kasarnya enggak ketulungan ( ” Anj**g semua ! Kalo mau XXI ni gua beli semuanya ! ” ). Dan Anda tahu apa yang dia lakukan sambil teriak-teriak gitu?



Dia ngeludahin XXI.


Berkali-kali sambil ngumpat-ngumpat, di depan orang banyak.



Gila nggak?? Dan waktu si cewek ini sampe ke depan pintu XXI, tiba-tiba GEDUMBRANG !! Dia mbanting tempat sampah logam, masih sambil marah-marah, sebelum akhirnya bablas pergi naek Honda Jazz merah. Oh iya, di pos parkir dia juga sempat mbentak-mbentak mbak yang jaga di dalemnya keras-keras. Masya Allah, emang ni orang kesambet kali ya ... ? Kalo cowok ato bapak-bapak, yang mukanya sangar ma berewokan gitu mah mungkin saya ngerti. Ni uda cewek, sendirian pula!

Saya akhirnya jadi mikir nih, kok bisa ya ada orang yang bisa segitunya kalo lagi marah ? Lepas kontrol banget. Mbok kalo lagi marah itu ya dikontrol sedikit, jangan dilepaskan seenaknya kayak gitu. Temperamental banget. Saya juga emang tipenya ndak bisa marah-marah soalnya, jadi kalo ngeliat yang kayak gitu rasanya aneh. Jangankan gitu, ngeliat ada orang mbentak orang lain aja saya ni sudah ngerasa geregeten. Ndak suka aja ngeliatnya ...

Ni kalo saya lho. Saya mikirnya sih, marah itu wajar. Cuman pelampiasannya itu lho yang jadi masalah. Pernah liat filmnya Jack Nicholson ma Adam Sandler, The Anger Management? Jangan pernah memendam kemarahan atau dendam, karena akhirnya hal itu bakal membuat dirimu sakit sendiri. Hidup ini dibuat enak aja lagi. Kalo pas lagi kecewa, yang mikir aja, ”mungkin emang bukan waktunya. Santai sajalaaa ... ”. Hidup ni terlalu berharga kalo hanya untuk dibuat mikirin rasa sakit ma dendam, lagian itu semua kan tergantung kita gimana ngaturnya. Mikir yang positif, maka keadaan juga bakal jadi posistif. Percaya deh! Walopun ada yang bilang kalo ada orang yang terlahir temperamen, itu mah karena dia enggak mau berusaha buat ngubah kepribadiannya aja. Saya yakin bisa kok kalo mau berusaha.


8 komentar:

BIG SUGENG mengatakan...

Yaa orang kalau lagi marah memang aneh2
mungkin ada pemicunya yaa... tahu-tahu meledak...
Kadang kalau atasan memarahi bawahan, pengunjung memarahi pelayan dst. Karena bawahan atau pelayan tidak berani melawan, akhirnya kekesalannya yaa dilampiaskan di rumah dimana dia punya posisi "diatas" dst dst

diazbela mengatakan...

gila banget kalau marah2 di depan umum gitu. apalagi sampe ngelempar helm sama ngeludahin xxi. hmm..

tapi jadi penasaran juga, apa sih yang bikin orang itu marah-marah sampe segitunya? hmmm

PuTLie mengatakan...

Iya bener Ngga, Orang yang marahnya meledak-ledak biasanya orang yang sebelumnya udah memendam kekesalan ataupun kemarahan sampai waktu nya meledaklah semua kemarahan itu. Padahal dengan marah-marah tidak menyelesaikan masalah yah. ORang yang gampang marah, bukan orang yang pinter ngendaliin diri nya sendiri.

ridho dido mengatakan...

mmm.. menurut ilmu psikologi (cieelah..) orang yang mudah lepas kendali saat marah tuh berarti ,, orang nya lagi marah banget!!! hohohohoho....
T.T

an mengatakan...

wah kalo aku marah obat yang ampuh adalah curhat tapi kalo gak ada temen curhat ndengerin music sambil ngeblog dijamin manjur

tyas mengatakan...

ahaha..aku malah kalo marah, diem! males banget kalo harus teriak-teriak..capek!ehehe...

Blog Joker mengatakan...

sama donk,aku kalo marah diem,males ladenin orang2 nyebelin

Angga Prawadika mengatakan...

@Pak Sugeng : Bener juga ya Pak. kadang kalo orang punya posisi kadang lupa, melepaskan emosi seenaknya sama bawahannya. Bisa bahaya nih ...

@ Diaz : wah, aku ndiri juga bingung Iaz. Gak ngira bisa gitu!

@Putlie : Bener! Jangan mendam kekesalan. Nanti malah bikin kita tambah suntuk lhow,

@Idok : Yang penting Idok nggak suka marah-marah to? Hehe,, =D

@an: Wah, kok sama ya? Bedanya aku gak pake blog, habis di kos gak bisa internet sih, hwkwkwk ..

@Tyas and Joker : Yup, diem aja gakpapa. Yang penting cara buat melampiaskan dengan baek, syukur-syukur dilupain ^^