Jumat, 19 Februari 2010

Warhammer 40000 : Review


Udah ada yang pernah tau Warhammer 40000 belum ?

Ini salah satu game yang bisa dibilang favorit saya. Pernah maen Starcraft ato mungkin Quake gak? Nah, bisa dibilang Warhammer 40000 ni hampir sama dengan tema yang ada di Stracraft itu. Perang antar planet antara beberapa faksi, atau bangsa, untuk mendapatkan kekuasaan paling banyak untuk menguasai galaksi. Kalo di Starcraft cuman ada 3 bangsa (Human, Protoss, ma Zerg), nah kalo di Warhammer 40000 ni ada 8 bangsa (Imperium of Man, Ork, Eldar, Dark Eldar, Chaos, Tau, Necron, ma Tyranids). Kalo boleh cerita, sebenernya Warhammer 40000 ni game yang udah lama buanget. Tahun 70an kalo enggak salah udah ada, karena awalnya tu berangkat dari table-top games models (Permainan strategi yang menggunakan beragam miniatur tokoh di sebuah meja khusus). Dan baru sampe sekarang jadi bener-bener populer sejak versi gamenya dikeluarin ama THQ.

Satu hal yang pasti, Warhammer 40000 ini punya jalan cerita yang kompleks dan dalem banget. Mungkin enggak sebaik cerita dalam game-game keluaran Blizzard (terutama Starcraft dan Warcraft series), tapi cerita yang ada bener-bener detail, tema dan jalan ceritanya juga beda. Setting ceritanya ni pada pada tahun 40000, dimana diceritain manusia tu udah menjadi sebuah imperium yang kuat dan menguasai planet-planet lain di seluruh galaksi. Semua ini berkat kekuatan pemimpin manusia, seorang manusia super seperti dewa yang dikenal dengan God-Emperor of Mankind. Namun setelah manusia dikhianati oleh para pengikut Chaos, kekaisaran manusia terancam musnah karena serangan dari berbagai bangsa lain dan dari kekuatan jahat yang bernama Chaos. Jalan ceritanya berkisar terutama pada aksi Space Marine, tentara super yang dibentuk oleh God Emperor untuk melindungi umat manusia dari berbagai ancaman.

Yang berbeda dari permainan lain adalah, Warhammer 40000 series ini punya sentuhan art yang beda dalam tokoh-tokohnya. Walaupun temanya sci-fi, tapi unsur gothic religius dan horor sangat terasa dalam penggambaran tokoh-tokohnya. Sebagai contoh, tentara Space Marine digambarkan menggunakan senjata jarak dekat seperti pedang gergaji mesin, pakaian yang penuh ornamen keagamaan, membawa panji, namun juga membawa senapan mesin atau pistol plasma di tangan kirinya. Batas pihak yang baik dan buruk juga digambarkan bias dalam game ini. Oh iya, game ini btw termasuk game yang buat dewasa, soalnya mang agak kejam sih (senjata yang normal digunakan: pedang gergaji mesin. Bayangin tuh .... ).

Salah satu trade mark game ini adalah quotes dari para tokoh ceritanya. Quotes itu begitu terkenal karena isinya yang keras, gelap, dan tanpa ampun. Ni beberapa diantaranya:

  • Tolerance is a sign of weakness

  • The rewards of tolerance are treachery and betrayal.

  • Hope is the first step on the road to disappointment.

  • Innocence proves nothing.

Hehe.. gak tau kenapa, tapi menurut saya keren aja ^^ Desain karakternya oke, keras, dan nggak kekanakan. Sekarang gamenya udah sampe ke Dawn of War 2: Chaos Rising. Dawn of War 2 sendiri tu adalah game terbaik genre strategi tahun 2009 kemarin, dan dikatakan merupakan saingan utama game strategi terbaik yang ditunggu-tunggu tahun ini, Starcraft 2 dari Blizzard.



Tidak ada komentar: