Kamis, 25 Maret 2010

10 Menit, Gak Lebih...

Kecewa banget. Kayaknya cuman itu kata yang tepat buat jelasin kejadian kemarin. Setelah berusaha keras sampe berdarah-darah (gejolak darah muda maksudnya...) selama dua minggu, dibela-belain gak tidur biar bisa bikin karya terbaik, eh... ternyata pas hari H yang ada cuman kejadian yang antiklimaks banget. Huft ... Remuk redam rasanya...


Critanya dimulai dari awal semester ini. Saya kebetulan ambil mata kuliah PNI (Penulisan Naskah Iklan), mata kuliah yang bisa dikatakan adalah mata kuliah ’terpenting dan terberat’ buat kita-kita yang ambil konsentrasi Komunikasi Strategis. Singkat cerita, kita dapet tugas bikin creative ideas buat campaign Burger King di Indonesia. Semenarik mungkin, seefisien mungkin. Kelompok saya, Nogosari Creative, bisa dikatakan terbentuk dari anak-anak yang punya semangat di periklanan. Kami emang nggak hebat, modal gila doang, kalah lah ma anak-anak lain apalagi yang angkatan atas. Tapi seenggaknya kami pengen buktiin kalo kami dikit-dikit bisa, dan di PNI ni kelompok kami pengen berusaha sebaik yang kami bisa deh. Seperti motto Nogosari Creative: Dibuka Panjang, Dipegang Goyang.


Dua minggu di kosnya Dirga buat ngulik ide, eksekusi iklan, bikin desain ma animasi presentasi yang jelas bikin perut mules. Lha mau gimana, kumpulnya ma lontong-lontong doang, kagak ada ceweknya! Hwkwkwk… ^^ Tapi ya itu, semuanya kami lakukan buat hari kemarin itu. Kami pengen nunjukkin hasil kerja kami, hasil semangat kami di iklan. Dan kemarin, apa yang terjadi?


”Karena keterbatasan waktu, kelompoknya Dirga maaf ya gak bisa presentasi...”


”He?”


Gak bisa ngomong apa-apa deh... Kalo karena alasan lain kita misalnya karya kita mang jelek banget dan dicemooh,kita masih bisa legowo lah, minimal kita uda tampil. Tapi karena waktu yang abis? Benernya yang agak bikin kelompok saya sebel juga ni karena ada kelompok lain sebelum kami yang presentasinya lama banget. Sampe 35 menit, padahal jatahnya cuman 10 menit per kelompok (35 menit itupun belum selese ...). Bayangin. Dua minggu kayak percuma gitu rasanya, jadi kayak nggak ada gunanya. Tapi ya mau gimana lagi, mau protes juga nggak bisa ...


Yang bikin tambah dongkol lagi, hampir semua analisis yang dosen kasih waktu evaluasi akhir tu sebenarnya udah kami masukin ke konsep kami. Iklan Burger King yang nakal, Male Cahuvinism, dll. Argh .... >< Tapi seenggaknya kami bisa agak naik moodnya waktu Mbak Pulung, dosen kami, keliatan suka banget sama desain print ad kami yang versi ”Burger Like a Woman”. Makasih juga buat Yustan 2007 (dia termasuk ’dewa’nya periklanan) yang mau ngeliat karya kami dan bilang kalo sebenernya karya kami oke. Eksekusinya dan konsepnya bagus, walaupun masih agak gak fokus di ide. Yah, minimal saya dan kelompok tau kalo sebenernya kami bisa. Mungkin di kesempatan lain Nogosari Creative bisa bener-bener menunjukkan kemampuannya. Semangat!


Btw ni beberapa karya print ad yang berhasil saya eksekusi:





"
Your Burger Your Character"

Ide iklan tema musik "
Have It Your Way" untuk
majalah Rolling Town


3 komentar:

matahari mengatakan...

nyantai ngga, masih ada banyak minggu di semester 4 ini. Coba minggu depan, pasti bisa lebih JOSS

hecallsmemylovely mengatakan...

sabar Angga..yang hebat pasti mencuat :D

alela mengatakan...

walah..temennya dirga to..