Kamis, 29 April 2010

Pake Helm Jangan Lupa ...


Ni iklan print ads yang saya buat waktu UTS PNI kemarin. Iklan layanan masyarakat tentang pemasyarakatan penggunaan helm di jalan raya. Selamat dinikmati, dikritik ya monggo ... ^^

Selasa, 27 April 2010

Outdoor Poop Challenge. Udah pernah?



Yang namanya buang aer tu sebenernya adalah hal yang biasa. Semacam ritual harian lah kalo bisa dibilang. Kebiasaan. Tiap pagi habis bangun tidur kita biasanya sudah duduk manis di kamar mandi, diem nungguin si material dan teman-temannya keluar sambil nglamun nggak tentu arah. Sebuah saat-saat yang damai dan penuh ketenangan, ya nggak? Tapi kadang kita menemui situasi dimana perkara sepele ini jadi sebuah tantangan. Misalnya nih kita mendadak kebelet pas kita pergi ke desa yang nggak pernah mengenal pispot merk ’Toto’, atau waktu kita naek gunung, atau kita lagi di perjalanan jauh dan nggak nemuin WC yang ’representatif’, dan lain sebagainya. Nah lho, bisa repot kan jadinya? Untuk itu di postingan kali ini saya bakal berbagi cerita tentang pengalaman saya ketika saya harus buang aer di area outdoor. Lumayan kan, buat persiapan kalo ntar KKN ... ^^


Pengalaman pertama saya melakukan OPC (Outdoor Poop Challenge, selanjutnya disebut gini aja biar ringkes) adalah waktu saya masih TK nol kecil, berarti umur 6 tahun awal lah. Waktu itu saya diajak ortu pergi ke rumah pakdhe di sebuah desa di daerah Tulungagung. Liburan ni ceritanya. Nah, singkat cerita pagi jam setengah lima saya sendirian diajak Pakdhe ke tegalan yang agak jauh buat ngeliat Pakdhe mengawinkan semangka (semangka harus dibantu perkawinan antar bunganya biar bisa cepet berbuah). Buset, waktu itu desa masih ketutupan kabut tebel banget. Dan mungkin karena suasana yang sepi, udah gitu dingin karena saya cuman pake celana pendek ma kaos, yawda deh ... lTiba-tiba mules saya waktu itu. Kruuuk ... Langsung aja keluar keringet dingin. Mau balik pulang jauh, dan di situ gak ada rumah tetangga lagi. Bingung kan? Akhirnya saya bilang ma Pakdhe, ”Dhe, kebelet...”. Dan sodara-sodara tau apa jawaban pakdhe saya ?


”Yo wes, ning kono wae, ning ngisor wit kelopo. Mengko mboktutupi godhong wae nek wis ...”, katanya santai sambil terus ngurusin semangkanya. (artinya: ya sudah, disitu saja, di bawah pohon kelapa. Nanti kamu tutupin dedaunan aja kalo sudah ...).


Aaarghhhh ...!!! >< Seenak udelnya sendiri nih orang, emang keponakannya ni kucing?! Tapi yawdalah, mau gimana lagi. Daripada saya ngantong kan ntar jadi tambah berabe. Langsung aja saya nyanggong di bawah pohon kelapa (di deketnya da sungai kecil) dan ’menuntantaskan’ hasrat yang lama terpendam. Outdoor banget kan? Di tengah tegalan luas, gak ketutupan apa-apa. Untung waktu itu kabutnya masih tebel. Tapi kalo boleh jujur, seingat saya momen buang aer waktu itu adalah salah satu momen buang aer paling damai yang pernah saya alami. Yang ada hanya saya, kabut, pohon kelapa, gemercik air, dan kelegaan yang luar biasa ...


Nah, kalo masih kecil sih mungkin gak masalah. Emang apanya juga yang mau diliat, ya nggak? Hahaha ... ^^ Tapi kalo udah gedhe gini gimana hayo? Pengalaman saya melakukan OPC yang lainnya terjadi waktu saya udah di kelas 2 SMA. Jadi ceritanya begini... Lagi-lagi saya dan keluarga pergi ke Tulungagung untuk mengunjungi budhe saya yang putrinya akan menikah. Nah, rumah budhe saya yang kali ini jarang saya kunjungi, sehingga saya nggak seberapa ngerti interior rumah bagian dalamnya gimana. Lupa sebenernya, karena terakhir kali saya kesana tu waktu saya SMP kelas 1.

Keluarga bertemu, ngobrol kiri kanan. Anak-anak kecil pada main lari-larian sementara yang lain pada menikmati hidangan. Kalo saya? Bingung, soalnya tiba-tiba perut mules gak tertahankan. Istilahnya udah di gerbang neraka lah ... Akhirnya saya nanya sama budhe saya tempatnya kamar mandi dimana. Jawaban awalnya udah agak aneh sih, soalnya beliaunya malah balik tanya,”mau pipis aja atau gimana?”. Ya saya jawabnya, ”Waduh Budhe, ni panggilan alam. Isinya sama material juga soalnya ...”. Nah, budhe saya langsung aja ngajak saya ke belakang. Beneran, waktu itu saya nggak mengira bahwa ’singgasana’ saya nanti akan begitu ... unik. Spesial. Soalnya juga waktu itu udah kebelet banget, jadi nggak ngira yang gimana-gimana. Dan yep, sodara-sodaraku sekalian, tahukah anda yang dimaksud ’WC’ oleh budhe saya itu apa?

Busyet!!! Tuh, kayak gambar di atas tuh. Ternyata budhe saya itu di halaman belakangnya punya banyak banget kolam ikan lele. Dan yang dimaksud WC oleh budhe saya adalah tidak lain tidak bukan adalah SAMA dengan kolam ikannya! ARGGGHHH!!! Budhe saya gak punya tempat buang air, dan kalo mandi harus nunut di tetangga. Kolamnya sendiri dibuat agak tinggi, sekitar 1,5 meter dari tanah dan ketebalannya 10 senti. Dan saya akhirnya harus ’bertengger’ di batas kolam yang tebal cuman 10 senti itu, berpegangan pada pohon pepaya biar nggak jatuh, berkonsentrasi pada gejolak perut, sambil berkeringat ketakutan kalau-kalau ada sepupu cewek saya yang tanpa sengaja lewat dan melihat pemandangan yang ganjil ini .... >< Mau mati aja rasanya. Mati ketawa ma mati malu, hahaha ... (dan sejak saat itu saya nggak pernah lagi suka makan ikan lele... -.- ).


Yah, mungkin itu sedikit pengalaman saya dalam melakukan OPC. Ada beberapa lagi sih, tapi mungkin untuk dibahas di waktu lain, hehehe ... Ciao! ^^

Minggu, 18 April 2010

Tribute to Diaz : Cahaya Seribu Kunang-Kunang


Kerlip Lembut Seribu Kunang-Kunang


Pada tiap tetes air mata yang telah jatuh

Atas semua ingatan yang kini melayang pelan

Berpijar

Bagai kedip lembut seribu kunang-kunang

Yang pada setiap detiknya kan kau temukan arti tawa dan kenangan

Menghiasi ruang penantian, sebuah perjalanan

Menghangatkan jiwa dengan lembut sentuh harapan

Walaupun kini kunang-kunang kan terbang jauh

Tapi hangatnya kan selalu tertinggal

Menyebarkan kehangatan, menjagamu

Karena sungguh, sebenarnya kunang-kunang tidaklah pergi

Pijar lembutnya kan selalu setia menerangi, menemani

Menghangatkanmu dengan setiap detik waktu bersama yang pernah ada

Karena sungguh ia tidak pergi

Karena Seribu Kunang-Kunang kan selalu ada

Untukmu

Dan hanya untukmu ...


( Semoga Diaz dan keluarganya mendapatkan ketabahan dari Allah SWT. Kami teman-temanmu

di Komunikasi 08 bakal selalu ada buat kamu. Kamu nggak sendiri )

Sabtu, 17 April 2010

Love Kills

Say hello to my newest Artwork. Love Kills.

------------------------------------

Sebenernya udah lama sejak terakhir kali saya bikin artwork personal. Karena nggak ada waktu sebenernya, sibuk ma kuliah yang makin lama makin kerasa horor plus proyek-proyek lain yang datang silih berganti. Tapi beruntungnya kemarin saya dapet ide (Ideas are precious! ^^) waktu liat desain poster lama, dan dengan sedikit kemauan, akhirnya ini deh jadinya.


…Seperti kata-kata yang diucapkan Max Payne di tengah hujan deras waktu ngeliat mayat kekasihnya, Mona Sax, yang tewas tertembak


“..They’re all dead. Love kills...”.


(Max Payne 2: Dead of The Max Payne. Epilogue)

Jumat, 16 April 2010

Benda Merepotkan Bernama Hati ...


Benda ini bikin repot aja. Dia kemarin sering jadi pengingat atas hal yang sudah pergi. Sekarang dia mengharapkan hal yang dia sendiri tau bakal sulit banget didapatkan. Dia sering mengganggu pikiran dengan harapan-harapan tolol yang sialnya selalu berhasil membuat rivalnya , sang otak, macet berpikir dan menyerah. Benda ini juga yang selalu jadi alasan atas semua tindakan bodoh yang udah terjadi. Udah cukup, semester ini sudah cukup berat tanpa ditambah lagi pikiran yang nggak perlu. Dilepasin aja sekarang.



Kamis, 15 April 2010

Kelompok Berenang, Mana Yel-yelnya ???

Waktu kerasa cepet banget berjalannya. Semuanya jadi tambah nyata aja waktu nemuin file desain kartu pengenal kelompok waktu acara GC dulu. Hahaha ... Langsung ketawa ngakak ndiri liatnya ^^ Waktu itu saya masuk kelompok Berenang, bareng ma Rizma, Asta, Ihda, Ocha, Ochanya Rere, Tika Mommy, Anggi, ma Rifka. Yang bikin spesial ya tanda pengenalnya ini, bentuk celana dalem! Ahahaha ... =D biru buat cowok, pink buat cewek. Tanpa renda ato polkadot. Kelompk Berenang, Yel-yel Donk!!!!

Senin, 12 April 2010

Jaman Dulu, Jaman Ospek

Waktu kemarin buka file-file foto lama, nggak sengaja saya nemuin foto-foto waktu masih ospek dulu. Langsung ketawa ama senyum-senyum sendiri, hahaha … ^^ Waktu itu masih baru banget di Jogja, masih bingung cari-cari temen. Yang jelas nggak berani slengekan kayak sekarang lah =D Jadi inget kelompok saya dulu, apalagi kalo bukan kelompok ‘Sinetron’. Wehehehe … Kelompok yang yel-yelnya paling pendek, paling rame tapi nggak jelas (soalnya ada Depong waktu itu), trus juga terkenal soalnya ada personel kami yang unik punya (inget yang dilakuin Rei pas Ospek nggak?). Tapi yang penting tetep kompak dan semangat. Dan ini beberapa foto yang saya re-touch dikit, biar agak oke. Enjoy! ^^

Ni dia kelompok Sinetron. Kurang Rei ma Danny aja yang nggak keliatan di foto. Anggotanya ada Adit, Hafizh, saya, Dicha, April, Rizma, Ocha, Dita, Ully, Depong, Fitri, ma Ridha.

Ni fotonya Rizma ma April yang saya ambil sendiri waktu itu trus saya edit dikit. Lucu sih habisnya, jadi ya langsung aja ‘digarap’, haha … ^^ Pertemanan emang nomer satu dah!

Heyaa ... Ni lagi makan-makan di daerah Babarsari (lupa nama tempatnya). Nice pose buat semua deh! Haha …

Time for a Little Confession


This is my newest artwork. Enjoy!

-------------------------------------------------

I don’t know exactly why, but this time I tried to write my post in English. Maybe simply because I want to try something new or because what I want to tell here is little bit too personal. Let’s say that I have some thought throughout this week, something that I couldn’t get rid off my mind, easily. And I found that write in English gave me a freedom to express ^^ …

Well, if you ask me to say my life in three words, it’ll be faith, freedom, and adventure. I will not bother myself to discuss about the word ‘faith’, this isn’t the right time though. It’s about the other two words. These days I have some questions about the choice that i have made. Doubt, yes, that’s the perfect word to say.

I never question myself about all the gifts that God has given to me. I like the way I am, and I never try to be someone else. Never. I’m proud to be me. I like all stupid things that I have done; I like when I be a jester among my friend; and moreover I really like when I can give something to others with my own creativity. That’s all. That’s the life means to me. But about one week ago I looked myself in the mirror and I started to think...

‘… I have been so ignorant all this time. So free. But what do the people think of me? Do they see the same man when they see this face like I do…?”

Well, it’s little bit too late for me to ask this set of questions, but it’s okay. When I saw a mirror last week, I suddenly laughed at myself and say,” Hahaha … a girl who can fall in love with you must be crazy ^^… “. One day I’ve heard a friend told me to change the way I behave. She said,” … You have to try to be cool, to be elegant. You’re so rude, ridiculous, and ignorant. There’s no way you can get any girlfriend if you stay that way … “. My mother also keeps telling me the same thing, all the time (*sigh*). Everyone always connected my behavior with ‘girlfriend thing’, I don’t know why. It’s little bit funny actually, isn’t it ? hahaha… =) But several days ago I began to think. Is it wrong to be the way I am? Am I really that bad? If the answer is ‘changes’, then what kind of changes it might be?

Well …The truth is, I’m sick with the idea of ‘…following everyone wish…”. I think it’s okay to be different. To be unique. As long as my behavior doesn’t hurt anyone else, or cross the line, I think its okay. I don’t want to pretend to be cool or elegant. I don’t want to be someone else. If someone sees me as an idiot, or scoundrel, or simple f*ckin’ damn person, then let it be. Everyone has a freedom to think, and to judge. But allow me to say that what is hiding inside my soul is more important than ‘image’ which some people insists me to follow. If its true that the ‘changes’ is the answer, then it only about the bad habits that still I’ve done till now, nothing more than that.

It’s funny to hear a friend of mine who tried to change his personality in order to impress the girl that he liked. He heard that the girl like a quiet, cool boyfriend, then he tried to act like that way. That’s what I called silly. And if the girl accidentally is willing to accept him, then the girl doesn’t really love my friend, right? Sometimes I talked to myself, if my friend is true that with all the things that I’ve done it means that there’s no way I can get any girlfriend, so let it be ^^ haha … I mean, I realize who I am. I’m neither handsome nor smart. Definitely not cool, that’s for sure. But I don’t think that all of that fact is a mistake, right? ^^ Beside, I don’t want to spend my time just to think about something that really ridiculous to be worried about.

I believe that there must be something good and beautiful in everyone heart and we need more than these two eyes to see it through. Everyone wants to be found. One of the greatest gifts that God gives us is when we are loved just the way we are. And I personally believe that someday, I don’t know when, it could be tomorrow, next year, or even 10 years ahead, that I will find someone who ‘can see me through”, hehehe … =) And till that day come, what I have to do is just wait and be myself. Well, its okay to be naive, isn’t it?