Kamis, 19 Mei 2011

Ngomong-ngomong Soal Desain


Artwork baru buat Gangsta Monsta. Sejujurnya sedikit bosan dengan tema light streak dan overlay kayak di atas. Pengen sesuatu yang lebih konseptual, lebih punya pesan yang bisa disampaikan. Tapi ternyata tidak mudah juga ya ... -____- Justru ternyata bikin desain yang punya message kuat adalah yang paling sulit, karena mesti membawakan pesan lewat bahasa visual yang pas. Kalau dulu gampang sih, yang dpikirin cuman estetikanya aja. Asal keren, tapi pesannya nol. Tapi well, saya masih berusaha untuk terus memperbaiki gaya desain saya :)

Btw kata seorang teman lama saya, gaya desain saya sudah mulai terlihat. Alhamdulillah akhirnya ada yang menyadari. Habis rasanya kesel juga kalau ada yang bilang "Ngga buatin desain dong, tapi jangan yang tumpuk-tumpuk ato ada darahnya kayak kamu biasanya ...". Tapi juga gak bisa nyalahin komentar kayak gitu juga sih, habis kalau saya lihat dari dulu desain yang saya buat emang banyak yang pake elemen grunge macem tengkorak, mesin, darah, mawar, dll. Terpengaruh banget sama gayanya Dhanank Pambayun sih ^^ hahaha ... Tapi mungkin karena sekarang udah banyak referensi desain plus dapet banyak ilmu di kelas periklanan, jadi mulai belajar buat membentuk identitas desain yang baru. Kesannya jadi kayak wanita murahan deh, gaya desain apa aja diembat buat dicoba dan dipelajarin. Vector, digital maging, gaya light streak, swiss, art nouvou, semuanya. Tapi saya rasa itu nggak masalah, iya kan? Desain itu adalah sebuah proses pembelajaran yang terus berkembang seiring waktu, dan proses imitasi adalah bagian yang paling wajar buat ditekuni dahulu sebelum kita benar-benar bisa nemuin gaya kita sesungguhnya. Dan mungkin saya bener-bener kepengaruh sama iklan deh, jadinya emang message-lah yang paling utama. Mungkin bakal beda kali ya kalau saya dulu masuk DKV atau Institut Seni gitu, mungkin gayanya bakal seni murni banget, hehe ...




Tidak ada komentar: