Kamis, 23 Juni 2011

UFO dan Alien. Yang Bener aja!


Ini postingan iseng-iseng aja benernya. Habis liat blog saya sepi, nggak ngerti apa yang mesti ditulis. Ceritanya saya dapat gagasan buat nulis ini dari beberapa hari yang lalu. Temen saya, Matahari Asysyakuur, akhir-akhir ini sering buat olok-olokan yang temanya tentang teori konspirasi. Tau sendiri lah, macem Freemason, Templar, dan tetek bengek yang lainnya. Saya sih benernya nggak peduli ama teori-teori macem begituan, tapi rasanya lucu juga kalo jadi buat bahan guyonan. Kayak misalnya, “Sepertinya denah gedung fisipol baru ini berbentuk segilima terbalik alias kepala setan. Jangan-jangan dosen kita itu sebenarnya sudah dibaiat jadi Freemason?”. Bego sekali, hahahaha … ^^ Dan ngomong-ngomong soal teori konspirasi, saya jadi pengen ngobrol tentang isu konspirasi laen yang kemaren sempet bikin heboh Indonesia. Soal UFO. Soal Alien.



Pertanyaan sederhana. Ada dari temen-temen yang percaya Alien? Atau UFO itu ada?



Well, maaf, tapi saya tidak percaya.


Dulu saat saya masih kelas 4 SD, saya iseng-iseng membeli beberapa buku di Gramedia tentang misteri-misteri yang terjadi dunia. Hmmm … dulu waktu SD semua informasi di buku terlihat selalu benar. Dan saat itulah saya berkenalan dengan berbagai cerita yang sekarang sering ditampilkan di artikel misteri di Internet. Sudah sejak kelas 4 SD saya kenal dengan insiden Roswell yang terkenal, tentang ledakan misterius Tunguska di Siberia, cerita tentang Chupacabra, Segitiga Bermuda, Area 51, dan lain sebagainya. Dan dulu saya percaya bahwa MUNGKIN saja alien itu ada. Kejadian-kejadian yang penuh bumbu-bumbu konspirasi di buku-buku itu terdengar sangat meyakinkan. Tentang bagaimana cerita seputar jatuhnya pesawat aneh di Rosswell dimana pemerintah Amerika konon segera menutup-nutupinya. Cahaya misterius yang tak dapat dijelaskan muncul di berbagai negara Skandinavia saat Perang Dunia 2. Atau lingkaran panen yang muncul di berbagai area yang konon menyampaikan berbagai pesan 'extra-terrestrial' bagi manusia. Artifak-artifak kuno yang konon pertanda bahwa alien itu pernah berhubungan dengan manusia purba, seperti kasus Baghdad Battery, Stonehege, atau ukiran helikopter di kuil Luxor. Percayalah, saya tau sedikit banyak soal isu alien ini karena saya sudah iseng-iseng membacanya sejak waktu yang lama.


Terus bagaimana ceritanya hingga saya jadi orang yag skeptis?


Pertama, kesimpulan ini muncul secara sederhana setelah membaca sekian banyak artikel tentang isu alien ini. Pertanyaan sederhana muncul: Kenapa semua bukti yang dilampirkan selalu tidak konsisten, foto yang blur, atau rekaman yang buram? Maksud saya,”Yang bener aja. Masak semua foto selalu buram dan meragukan gini!?”. Keterangan yang didapat dari isu alien ini muncul dari orang-orang yang nggak kompeten, saksi mata sepihak yang ceritanya sangat bervariai antara satu dengan lainnya. Dan yang paling membuat saya mengubah pikiran saya soal ada alien atau enggak ini adalah karena melihat sebuah artikel di internet yang entah dibuat oleh BBC atau National Geographic, saya lupa, yang isinya adalah menjelaskan beberapa hoax terbesar di dunia. Tentang otopsi alien yang terkenal, foto UFO yang jadi poster di atas, foto tentang monster Loch Ness, semuanya palsu. Dibuat untuk menimbulkan sensasi aja. Saya sendiri heran, kok bisa ada orang yang percaya pada rekaman sepanjang 20 detik yang menggambarkan UFO yang melayang, padahal jelas-jelas itu cuman tutup tempat sampah logam yang digantung dengan senar. Saya juga jadi bertanya-tanya, emang dari segitu banyak kasus, adakah emang yang bener-bener bisa diyakini? Hampir nggak ada. Satu per satu roboh gara-gara ketauan cuman hoax doang. Eaaaa … -____-


Kedua, mungkin karena saya emang ambil kuliah di jurusan komunikasi. Saya nggak begitu ngerti tentang aspek ilmiah di balik UFO itu gimana, mungkin teman-teman di jurusan fisika atau astronomi lebih tau. Tapi saya pikir, kalau kita ngomongin UFO, yang mesti diliat manusia-nya. Manusia itu mudah sekali terpengaruh sebuah isu. Histera massal mudah sekali terjadi. Ingat kasus crop circle di Sleman kemaren? Begitu media massa besar-besaran meliputnya, tiba-tiba aja isu alien jadi mengudara. Orang-orang jadi berasumsi bahwa UFO mungkin saja emang datang, ditambah dengan keterangan narasumber dari klub pemerhati alien (yang bener aja!). Dan sekarang isu itu juga hilang secepat dia keluar. Di mata orang yang udah terperangkap isu, atau histeria, burung akan terlihat seperti piring terbang, rusa akan terlihat seperti bigfoot, dan berang-berang akan terlihat seperti monster danau.


Dulu saya pernah melihat sebuah tayangan luar biasa dari BBC. Intinya adalah para tim ahli dari BBC secara sederhana ingin membuktikan kalau manusia itu mudah sekali terpengaruh. Indra dan perasaan mereka nggak bisa dipercaya. Caranya sangat sederhana: dengan sebatang tongkat seukuran tiang bendera. Tongkat ini dibentuk agar mengapung secara vertikal di permukaan air. Pertama, tongkat ini diapungkan di sebuah danau buatan di Oxford, Inggris. Ketika orang-orang disekitar danau ditanyai, “Benda apakah itu?”, semuanya menjawab bahwa itu adalah tongkat. Tapi saat tongkat yang sama diapungkan ke danau Loch Ness yang terkenal, hanya 15% orang di sekitar danau yang mengatakan itu tongkat. Sisanya menjawab,”Ya Tuhan! Itu Nessie! Monster itu nyata!”. Ya Tuhan, yang benar saja...


Intinya adalah, saya nggak percaya bahwa alien dengan pesawat luar angkasanya itu benar-benar ada dan pernah datang ke bumi. Kalau alien yang dimaksud adalah dalam bentuk organisme sederhana yang mampu hidup di lingkungan non oksigen, well, mungkin masih masuk akal. Tapi harus diakui bahwa ada tempat sekitar 5% di otak saya yang memberikan tempat bagi jawaban misteri-misteri yang terjadi di dunia. Banyak sekali misteri-misteri du dunia ini yang masih belum ditemukan jawabannya (walaupun saya yakin jelas bukan UFO jawabannya). Kalau selo, cobalah baca mengenai misteri Stonehege, Peta Piri Reis, manuskrip Voynich, Segitiga Bermuda, dan lain sebagainya.


Selamat membaca, dan selamat liburan teman-teman! :D


1 komentar:

Ade mengatakan...

:) Menurut saya, Mengapa Banyak Yang Tidak Percaya UFO?...
KaReNa:
1. Kata2 UFO tidak disebutkan dalam AlQuran/kitab suci agama lain sehingga terkadang para pentafsir Al-Qur’an tidak mempercayainya.
Padahal UFO kan istilah yang keluar di zaman modern, kalau menurut saya sama juga kok dengan tunggangan, dalam Al-Qur’an yg disebut hewan ternak, atau sekarang kan mobil.
2. Cerita mengenai UFO masih samar dan banyak yang sulit dibuktikan, apalagi kemungkinan adanya teori konspirasi dunia mengenai hal ini untuk menutupi kebenarannya.
Padahal UFO paling tidak telah memenuhi sebagian fakta. Walaupun bukti objek UFO mungkin selama ini disembunyikan untuk alasan/kepentingan tertentu.

Tambahan, ada satu referensi film (Fourth Kind) yang konon diambil dari kisah nyata mengenai UFO. Dalam film tersebut disisipkan rekaman asli mengenai kejadian ‘penampakan’ UFO, namun kurang begitu jelas juga.