Selasa, 15 November 2011

Japan Days






Harus diakui bahwa sebenarnya saya bukan fans dari karya-karya kreatif Jepang. Maksud saya tentu saja manga atau anime yang populer itu. Bahkan boleh dibilang dulu dari jaman masih SMA saya sedikit risih kalo liat beberapa karya manga, anime, atau mungkin game yang basisnya Jepang. Alasannya sederhana: selera saya aja yang mungkin nggak cocok. Menurut saya karya kreatif Jepang seperti anime dan manga tampak terlalu kekanak-kanakan. Walaupun ceritanya berbeda satu sama lain, namun gaya dan bahkan plotnya hampir bisa ditebak. Fantasi yang dilibatkan menurut saya juga kadang terlalu tinggi dan heboh (kalo yang ini jepang uda terkenal kayaknya). Tapi ya itu kan selera. Kayak musik atau makanan. Sama aja kayak ada orang yang suka gudeg, tapi yang lain nggak suka. Sesederhana itu. 


Tapi sejak beberapa saat yang lalu saya sadari nampaknya saya harus mengubah pandangan tersebut. Ternyata banyak juga karya keren yang saya suka dari negara ini. Malahan sampai beberap saat yang lalu saya melahap baik novel, film, film kartun, hingga game yang semuanya temanya Jepang. Saya terlalu mengeneralisir sepertinya. Ya ini saya share di sini aja buat temen-temen, siapa tahu ada yang tertarik untuk menikmati :)




Twilight Samurai






Twilight Samurai atau yang dalam judul jepangnya Tasogare Seibei adalah film karya sutradara Jepang Yoji Yamada yang dirilis pada tahun 2002. Film ini dibintangi oleh Hiroyuki Sanada yang wajahnya tidak asing buat temen-temen yang suka nonton film. Hiroyuki adalah aktor Jepang yang ketenarannya kayaknya bakal mengikuti Ken Watanabe. Setahu saya dia pernah muncul sebagai samurai yang jadi rival Tom Cruise dalam the Last Samurai dan musuh utama Jackie Chan dan Chris Tucker dalam Rush Hour 3. Film ini dengan baik menceritakan kehidupan samurai dari sisi lain. Bukan sebagai jagoan pemain pedang yang tak terkalahkan, namun lebih pada unsur manusia pada tangan yang memegang pedang yang bernama katana itu. Film ini masuk sebagai nominasi Golden Globe sebagai film berbahasa asing terbaik. 






Twilight Samurai menceritakan kehidupan kehidupan samurai miskin dan sederhana yang bernama Iguichi Seibei. Seibei yang tinggal bersama kedua putrinya yang masih kecil dan ibunya yang pikun bekerja sebagai samurai rendahan di kantor daimyo setempat. Seibei adalah cerminan kehidupan samurai rendahan yang hidup di masa menjelang Restorasi Meiji, dimana mereka dihadapkan pada sebuah perubahan besar yang mau tak mau akan mengubah semua hal yang mereka percaya dan nikmati. Kmeiskinan, kehilangan istri yang sangat dicintainya, serta tanggung jawab pada keluarga membuat Seibei dikenal sebagai samurai pekerja keras. Bahkan ia dikenal si Senja karena pada saat senja di mana teman-temannya bersantai Seibei memilih pulang untuk mengurus keluarganya di rumah. Seibei yang sederhana berencana menjadi petani setelah pengabdiannya pada daimyo berakhir. Namun keadaan menjadi rumit saat ia bertemu dengan cinta masa kecilnya Tomoe, berselisih dengan mantan suami Tomoe yang seorang petinggi bakufu, hingga diharuskan untuk membunuh seorang ahli pedang pemberontak yang bernama Yogo Zen'emon. 


Taiko 






Taiko adalah novel klasik karya pengarang terkenal Jepang yang juga pengarang novel Musashi, Eiji Yoshikawa. Novel ini kurang lebih tebalnya 1000 halaman, jadi saya sendiri benernya juga belum rampung bacanya. Buku ini  sudah saya cari lama sekali karena konon basis karya-karya populer macam film dan novelyang bertemakan Sengoku Jidai salah satunya disarikan dari novel ini. Oh ya, saya sebenarnya suka membaca cerita sejarah Jepang terutama jaman samurai. Taiko menceritakan kondisi Jepang pada masa Sengoku Jidai, atau masa keruntuhan Ke-Shogun-an Asakura. Pada masa itu para pemimpin provinsi dari berbagai daerah di Jepang, atau yang dikenal dengan daimyo, saling berebut kekuasaan dan tanah guna menjadi penakluk utama Jepang. Sengoku Jidai adalah masa yang sangat historis di jepang, karena pada masa inilah berbagai kisah kephlawananan dan pertempuran muncul. 


Ada 3 jendral pada masa Sengoku jidai yang paling dikenal karena jasa mereka berhasil menyatukan Jepang. Mereka adalah Oda Nobunaga yang terkenal bengis, Hideyoshi Totomi yang cerdik dan rendah hati, dan yang terakhir Tokugawa Ieyasu yang waspada dan ahli strategi. Taiko sebenarnya adalah kisah biografi Hideyoshi Toyotomi, salah satu dari jendral paling terkenal pada jaman Sengoku Jidai yang hidupnya hanya berawal sebagai petani namun akhirnya berhasil menyatukan Jepang. Hideyoshi yang wajahnya seperti monyet hidupnya terlunta-lunta sebagai petani sedari kecil. Walaupun begitu, Hideyoshi yang terkenal karena kecerdikannya dan kemampuannya untuk merebut hati orang lain akhirnya berhasil menjadi orang yang paling dipercaya oleh Oda Nobunaga. Taiko adalah novel sejarah yang mendetail. Yang saya kagumi dari novel ini adalah saya pikir dulu karya-karya klasik Jepang pasti bicara soal prinsip dan jalan hidup kaku seorang samurai, namun ternyata novel ini berbicara lain. Kehidupan samurai ditunjukkan dengan sangat mandalam dan cenderung humanis.









Tidak ada komentar: