Rabu, 25 Januari 2012

Mari Curhat Mari Ngeblog


Sedikit tentang status facebook pagi ini.

Pagi ini saya iseng-iseng saja memperhatikan status teman-teman di newsfeed facebook. Tidak ada yang berbeda sebenarnya. Toh kita juga selalu melakukan hal yang sama setiap hari. Menggerakkan telunjuk di atas roda scroll atau touchscreen sambil memperhatikan status teman-teman dengan sesekali mengklik icon jempol di atas halaman putih-biru. Biasa saja. Cuman kebiasaan pagi ini jadi sedikit berbeda karena saya lagi-lagi iseng memperhatikan status-status yang muncul di newsfeed itu. Ini menurut saya aja lho, tapi setelah saya perhatikan jaman sekarang sebenarnya orang itu sudah terbiasa dengan budaya mengetik dan bercerita. Iya ndak sih?

Satu hal yang saya perhatikan: status facebook jaman sekarang isinya panjang-panjang . Totalnya bisa 3 sampai 4 kalimat majemuk bertingkat. Dari teknik penulisan pun sekarang makin artistik dengan beragam teknik penulisan. Kadang selang-seling huruf besar dan kecil, diberi sisipan angka dalam kata, dan lain sebagainya. Isinya pun sekarang juga kian beraneka rupa. Kalau dulu status cuman melulu bercerita soal kehidupan pribadi, sekarang isinya bisa quote dari orang terkenal, pesan-pesan agama, sampai sekedar sharing link-link favorit. Orang sekarang jadi kian jujur dan berterus terang. Apa yang ada di pikirannya ditumpahkan saja apa adanya di kotak status. Mulai dari perihal klasik (galau cinta) sampai marah-marah alias nggrundel semuanya saja ditumpahkan. Mak byur! Facebook jadi lautan cerita, lautan kata.

Nah, kalo sekarang orang udah terbiasa dengan budaya mengetik dan bercerita, lalu kenapa tidak mencoba menulis di blog saja? :)

Daripada menulis panjang-panjang di social media, nggak ada salahnya untuk mempertimbangkan beralih ke blog pribadi. Sebenarnya emang nggak ada peraturan yang mengatur tentang apa-apa yang seharusnya ditulis di media sosial. Anda cuek persetan-orang-mau-bilang-apa pun boleh-boleh saja. Tapi itu kalau di facebook anda gak punya temen sama sekali. Maksud saya, ide menulis habis-habisan perihal pribadi di facebook nampaknya sedikit 'mengganggu' bagi sebagian orang. Bikin risih. Entah bakal berapa orang yang bakal mencibir status bernada diary yang Anda tulis di facebook (kesepian banget apa ya ni orang? dll). Anda juga bakalan ngerasa sebel kan kalo liat timeline twitter isinya cuman orang yang sama gara-gara beliau update tiap 5 menit sekali atau ngomongin hal-hal yang benernya gak penting. Nah daripada dijustifikasi orang kayak gitu, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membuat blog pribadi. Toh banyak manfaat yang bisa didapet dengan membuat blog pribadi. Beberapa keuntungan menulis di blog di antaranya:

1.  Blog menawarkan lebih banyak kebebasan dan kemudahan untuk berekspresi. Dengan membuat blog pribadi, Anda membuat sebuah tempat dimana Anda bisa bercerita banyak hal tanpa harus merasa malu atau sungkan. Media yang digunakan pun bermacam-macam. Kalo misalnya tulisan belum cukup, Anda bisa memasukkan foto, video, bahkan musik sesuai keinginan. isinya pun tak harus berupa tulisan. Beberapa teman saya mengisi blognya dengan gambar-gambar yang mereka buat, animasi kecil-kecilan, puisi, dan lain sebagainya.

2.  Kalau Anda rajin menulis atau update blog secara teratur, blog bisa dijadikan semacam buku harian atau rekaman hidup yang mudah. Kejadian-kejadian menarik, perasaan, ide dan pemikiran Anda semuanya bisa tersimpan dengan baik. Dengan begitu Anda bisa melihat pola perubahan pola pikir Anda dari waktu ke waktu, apa saja kejadian menarik yang pernah terjadi dalam hidup, dan lain sebagainya.

3.   Latihan yang bagus buat nulis atau pun ngungkapin ide. Kalau Anda update status di facebook atau twitter, Anda mengetik. Kalau Anda update sesuatu di blog dengan baik, Anda menulis. Nah keliatan kan bedanya? Di blog Anda bisa lebih lepas berekspresi, sehingga membuat nama 'terpaksa' menciptakan susunan kata-kata dan ide secara sistematis dan teratur. Lumayan lho buat latihan nulis skripsi umpamanya, atau nulis cerpen, atau nulis alasan minta duit tambahan dari ortu pas tengah bulan.

4.   Mempermudah orang lain kalo dia pengen tau diri Anda lebih jauh. Blog anda adalah zona kekuasaan Anda. Anda bisa jadi diri Anda sendiri, bicara tentang opini Anda sendiri, dan tak malu untuk menunjukkannya. Orang-orang akhirnya bisa menghargai Anda karena pola pemikiran, ide, dan karya-karya Anda alih-alih hanya karena melihat profile picture yang cuman nongol di pojok kanan halaman facebook.

5.   Bisa jadi portfolio yang bagus. Setahu saya beberapa perusahaan (terutama agency kreatif dan media) memberikan nilai plus bagi mereka yang punya blog pribadi. Mungkin karena blog dianggap benar-benar mencerminkan orang yang memilikinya sehingga nilainya hampir sama dengan nilai interview, entahlah. Teman saya Matahari Asysyakuur juga punya pengalaman yang oke dengan blog. Sekarang ia diterima magang di salah satu agency periklanan JWT (James Walter Thompson) di Jakarta karena blognya yang (memang) menarik sehingga bisa menarik perhatian agency tersebut.   


Ini ada beberapa blog teman-teman saya yang mungkin
bisa dijadikan inspirasi


Punya kakak kelas saya yang oke sekali. Sekarang beliau sedang
di Lampung ikut program Indonesia Mengajar :)


Milik adik kelas saya. Gaya penulisannya jujur dan apa adanya. 


punya teman saya Diaz Bela Yustisia


Ini blog yang super sekali. Wajib dikunjungi. 


Punya Mbak Titi :) beliau ini udah mulai ngeblog sejak tahun 2006 lho


                

2 komentar:

Matahari Asysyakuur mengatakan...

woh kok nyebut2 jenengku ngga hehehhe... tapi bener kalo aku amati waktu ada orang apply kerja/magang jd copywriter mesti yg dilihat blognya dulu paling nggak blog juga jadi bahan pertimbangan

Diaz Bela Yustisia mengatakan...

Wah ada blog aku.. Hahaha :D
Iya ngga, setuju sama matmat, pas aku tes wawancara di radio, yang wawancara aku itu nanya-nanya sambil buka blogku dan menjadikan blog dan bbrp postinganku sbg pertanyaan lho.. agak aneh juga sih... haha