Jumat, 24 Februari 2012

Elder Scrolls V : Skyrim



Tahun 2011 ini adalah tahun yang luar bisa untuk dunia game. Banyak game keren dan bisa dibilang fenomenal muncul di tahun ini. Seperti biasa Call Of Duty memang selalu meluncurkan sekuelnya secara teratur, namun saingan utamanya yakni Battlefield dari Dice membuat sebuah gebrakan baru dengan merilis Battlefield 3 yang kualitas grafiknya benar-benar mencengangkan. Genre action juga dikejutkan dengan Portal karya Valve yang menawarkan konsep gameplay yang benar-benar baru. Id Software yang sebelumnya sukses dengan seri Doom dan Quake kemaren juga meluncurkan produk terbarunya, Rage. Dengan perkembangan teknologi komputer dan konsol serta pesatnya pembangunan infrastruktur game pada basis online membuat kita berada pada sebuah level baru dalam dunia game. Namun yang benar-benar menjadi kejutan adalah game karya Bethesda yang sebelumnya telah sukses dengan seri Falloutnya, Elder's Scrolls V: Skyrim. Dan di postingan kali ini saya ingin sedikit menulis tentang game yang dinobatkan menjadi salah satu game terbaik tahun lalu, Elder Scrolls V : Skyrim. Mungkin bisa dijadikan pertimbangan teman-teman untuk memainkannya atau syukur-syukur membelinya :p hehe ...


Elder Scrolls V : Skyrim 


 
Sebelumnya saya sudah mendengar tentang Skyrim sebelum game ini diluncurkan oleh Bethesda tahun lalu dari IGN. Skyrim memang sudah lama ditunggu-tunggu oleh para pecinta game RPG, namun waktu itu gemanya kalah oleh rencana peluncuran Battlefield 3 dan Modern Warfare 3. Ketika sudah diluncurkan pun sebenarnya saya juga nggak seberapa tertarik. Mungkin karena di trailer Skyrim saya nggak ngeliat hal yang baru. Tapi adik saya ternyata dulu pernah memainkan seri Elder Scrolls sebelumnya, Oblivion, dan mengatakan bahwa seri Elder Scrolls ini punya cerita yang bagus. Oh ya, dalam soal game saya sedikit berbeda dengan orang kebanyakan. Saya melihat game layaknya membaca fiksi, storyline menjadi poin utama yang saya liat ketika bermain game. Dan memang ketika akhirnya saya nyoba untuk memainkan Skyrim, saya akui game ini pantas buat diperbincangkan dan masuk ke dalam joke-joke 9gag. 


 
Skyrim adalah game action - RPG yang bercerita tentang petualangan seorang pemburu naga terakhir di dataran luas yang bernama Skyrim. Cerita utama Skyrim berpusat pada petualangan sang pemburu naga yang dikenal dengan Dragon Born (atau Dovaah-Kiin dalam bahasa naga) untuk menyelamatkan seluruh Skyrim dari kehancuran akibat kebangkitan kaum naga yang dipimpin Alduin Sang Naga Hitam. Sang Pemburu Naga juga harus membawa Skyrim keluar dari kemelut perang saudara antara Man's Imperium of Cyrodyll dengan pasukan pemberontak Stormcloak. Dalam petualangannya sang pemain akan menghadapi banyak sekali side-quests yang masing-masing akan mempunyai keunikan cerita tersendiri. Dalam Skyrim pemain bisa memilih 9 bangsa yang memang sebelumnya telah diperkenalkan dalam seri elder Scrolls: Imperial yang kebudayaannya mirip bangsa Romawi, Nord penduduk asli Skyrim yang mirip orang Skandinavia, Redguard dari Hammerfell yang mirip penduduk Arab, Breton dari High Rock yang mirip orang Inggris kuno, High Elves dari Altmeri Dominion yang ahli sihir, Wood Alves atau Bosmer yang ahli memanah, Dark Elves yang berkulit abu-abu dan bermata merah, Khaijit manusia kucing dengan kebudayaan yang mirip orang Mongol, dan manusia kadal Argonian dari Great Marsh. Pemain kemudian bisa mengembangkan karakternya seperti dalam game-game RPG lain, entah menjadi petarung, pemanah, penyihir, atau hybrid antar ketiganya. 
 
Menurut saya ada beberapa poin yang membuat Skyrim pantas dinobatkan menjadi game yang bisa dibilang luar biasa:
  • Skyrim benar-benar meredefinisi konsep 'adventure' dalam dunia game. Skyrim mampu menghadirkan sebuah dunia luas yang hidup dan bernafas dimana player bebas berpetualang sesuai keinginannya tanpa dibatasi oleh plot cerita. Player akan sangat menikmati menjelajahi tiap inci dunia Skyrim. Mulai dari daratan luas tundra dimana para raksasa terlihat menggiring ternak mammoth mereka hingga ke ke dalam kota kuno para dwarves dengan gua-guanya yang berpendar biru karena sejenis lumut yang dijadikan semacam lampu. Semua area dirender dengan sangat detail dan baik. Player akan mudah sekali lupa untuk mengikuti quest yang ia ikuti dan lebih tertarik untuk menjelajahi dunia Skyrim. 


     
  • Dunia Skyrim memiliki detail yang luar biasa. Dalam perjalanan player akan sering kali menemui hewan-hewan liar yang lewat seperti rusa, rubah, kambing gunung, bahkan kelinci dan tikus. Hewan-hewan ini bisa diburu untuk diambil daging, kulit, bahkan tanduknya. Tanaman-tanaman yang ada pun bisa dipetik untuk membuat potion dalam alchemy atau untuk memasak. Hampir semua benda di Skyrim pun bisa diinteraksi, mulai dari senjata, armor, hingga benda-benda semacam sapu, ember kayu, bahkan piring dan sendok. Yang menurut saya paling keren adalah perubahan cuaca yang cepat dan tak terduga dalam Skyrim yang akan membuat mood pemain akan serasa diaduk-aduk. Berpetualang di gunung yang berkabut, di padang luas dimana hujan deras dan petir menyambar, langit cerah tak berawan, hingga pemandangan luar biasa di malam hari saat langit penuh cahaya aurora dan kedua bulan di dunia Skyrim terlihat. 


     
  • Banyak konsep lama RPG yang diubah hingga menjadi lebih menarik di Skyrim. Yang sebelumnya pernah bermain game RPG, semisal Diablo 2 dari Blizzard yang klasik sampai Dragon Age 2 dari Bioware pasti familiar dengan elemen-elemen khas RPG seperti leveling, alokasi skill, pembelian equipment, dan lain sebagainya. Dalam Skyrim semua elemen itu dibuat menjadi kian masuk akal namun juga tetap menarik. Experience point misalnya tidak didapat hanya dari membunuh musuh saja namun juga dari berdiplomasi dengan NPC, mengelak dari serangan musuh, membuat potion, mencopet, dan lain sebagainya. Skill yang ditingkatkan pun meningkat dari tingkat sering dan suksesnya sebuah skill dilakukan misalnya sering melakukan stealth attack akan meningkatkan poin sneak dengan sendirinya. Dalam Skyrim pemain juga diperkenalkan untuk melakukan banyak hal baru seperti memasak, membentuk potion dan magic equipment sendiri, menambang, meleburkan logam dan menyamak kulit, menikah, berdagang dan berinvestasi, membuat equipment sendiri, dan yang paling keren: menunggang naga. 


     
  • Skyrim memiliki cerita yang solid. Bethesda bahkan juga menciptakan set bahasa naga (seperti Fus Ro Dah yang terkenal itu) seperti yang dilakukan Tolkien pada Lord of The Rings. Dengan kreatif Bethesda mampu meningkatkan konsistensi cerita dnegan memberikan informasi elemen cerita seperti lokasi atau karakter pada loading antar lokasi. Mungkin storyline Skyrim memang tidak sebaik the Witcher 2, namun Skyrim mampu menempatkan pemain pada posisi yang kadang tak mudah untuk menentukan jalan cerita. Akhir jalan cerita Skyrim beragam sesuai keputusan yang diambil pemain selama permainan. Apakah player akan membantu perjuangan pemberontak Stormcloak untuk membebaskan Skyrim dari penjajahan Imperium, atau membela Imperium demi kepentingan yang lebih besar yakni memastikan kekaisaran tetap bersatu untuk melawan Altmeri Dominion? Apakah player bersedia membunuh teman dekatnya untuk mendapatkan senjata terbaik dari para Daedra atau Demon? 


     
  • Kontrol pada Skyrim benar-benar baru dan anehnya ternyata jauh lebih mudah. Akses untuk semua slot seperti inventory, magic, skills dan lain sebagainya bisa diakses hanya menggunakan tombol WSAD, Tab, E, dan Q. Semuanya menjadi lebih simple dengan tampilan yang sederhana. Susah untuk dijelaskan disini. Teman-teman harus nyoba sendiri biar bisa lebih merasakan :)
Skyrim memang game yang keren. Tidak heran karena konon proyek ini memang sudah dikerjakan Bethesda selama kurang lebih 5 tahun persiapan. Namun toh game ini juga tak luput dari kekurangan. Skyrim dikenal sedikit buggy terutama di pertengahan game. Yang paling mengganggu adalah hilangnya set suara untuk tokoh Esbern sang Dragonslayer terakhir yang berperan penting dalam keseluruhan cerita. Selain itu sayang sekali terlihat jelas bahwa pengisi suara Skyrim tidak memadai untuk karakter berjumlah sebanyak itu sehingga seringkali ditemui karakter yang memiliki suara dan aksen yang sama. Namun mungkin kelemahan itu menjadi kian terlihat karena Skyrim memang luar biasa di elemen lain. 
 
Akhir kata Skyrim adalah game yang worth untuk temen-temen coba mainkan. Sebenarnya saya juga mau nulis tentang salah satu game terbaik tahun kemaren, The Witcher 2, tapi apa daya ternyata tulisan ini juga udah kepanjangan, hehe ... :p Ciao! Sampai ketemu lagi!

1 komentar:

Zulkarnain Syarif mengatakan...

Pertamax..
Wajib nii :D