Jumat, 10 Februari 2012

Sharing Sedikit Dari Pinasthika dan CP. Tentang Bikin Creative Campaign #1




Saya sendiri sejujurnya juga masih bertanya-tanya kok bisa saya dan Matahari Asysyaakur kemaren bisa dapet metal di Pinasthika dan Citra Pariwara. Maksud saya, setelah melihat hasil karya para jagoan-jagoan dunia iklan di kedua ajang itu rasanya hasil karya kami itu beneran bukan apa-apa. Masih banyak banget keurangannya, masih banyak yang perlu dipelajari. Jangankan dibandingkan dengan orang-orang top itu, dibandingkan dengan peserta lain pun sebenarnya karya kami juga nggak keren-keren amat. Tapi ya Alhamdulillah sekali akhirnya kami bisa lolos dan akhirnya malah bisa punya kesempatan naek panggung. Banyak sekali pelajaran dan hal-hal lain yang sebenarnya jauh lebih berharga dibandingkan piala itu sendiri yang kami dapatkan baik dari Pinasthika maupun Citra pariwara. 

Oh iya, sebelum saya teruskan saya cuman mau bilang buat angkatan 2009 ke bawah untuk ayo terus berjuang. Jangan pernah nyerah untuk berkarya, dan yang jelas JANGAN TAKUT untuk ikut kompetisi-kompetisi. Kalian benernya beruntung karena pas jamannya kami dulu susah banget dapet pengetahuan yang luas soal iklan dan dunia kreatif, beda dengan sekarang dimana Deadline juga udah settle dan informasi dari senior gampang buat didapetin. Dan percayalah teman-teman, semua hal yang kamu butuhkan untuk bisa dapetin metal di kompetisi-kompetisi ini benernya udah kamu dapetin di kuliah.  Mungkin sekarang sudah waktunya berhenti untuk mengutuk mata kuliah macem PNI, manbrand, dan terutama stratplan karena memang semua yang ada di sana adalah modal kalian buat ngerti gimana caranya bisa bikin campaign kreatif yang oke (Mbak Pulung dan Mas Rizal, maafin saya dulu ya ...). Saya, Matahari, dan Ari waktu di CP kemaren sempat rasan-rasan dan akhirnya sepakat bahwa sebenarnya adek-adek kelas itu sakjane udah punya modal yang lebih dari cukup buat bisa menangin hal macem gini. Mungkin cuman perlu belajar dari pembiasaan dan asal tau rahasianya, InsyaAllah bakal mudah kok kalo pengen tembus. Yang dibutuhkan cuman kemauan buat terus maju. 

Oke, sekarang saya pengen sharing ke temen-temen apa yang udah saya dapet di dua kompetisi kemaren. Tulisan ini akan saya bagi 2 biar nggak terlalu panjang. Yang saya tulis di sini cuman sebatas opini dan pendapat lho, setidaknya apa yang saya tahu sampe hari ini. Jadi nggak mesti bener. Ya minimal bisa dijadikan pertimbangan kalo kalian ngerjakan brief lomba yang berhubungan dengan iklan. Oh iya ada baeknya kalian juga minta pendapat Matahari karena sangat mungkin dia punya pendapat yang berbeda dan yang jelas emang dia jauh lebih oke daripada saya untuk cari ide-ide kreatif.  Semoga bisa berguna J

PENTINGNYA INSIGHT

Ketika kalian udah dapet brief lomba, entah itu Pinasthika, Caraka, CP, Adward, atau apapun, pastikan bahwa kalian bener-bener ngerti dan paham maksud dari brief tersebut. Hal ini sangat penting karena poin utama juri menentukan sebuah karya masuk finalis atau tidak adalah dari kriteria sederhana: dia njawab brief atau enggak. Keterangan ini langsung kami dengar dari juri-juri CP sendiri. sangat mungkin brief itu akan membingungkan atau malah multitafisr. Pas gini ada baeknya teman-teman tanya langsung ke panitia atau segera berkumpul dengan temen-temen lain buat bahas brief yang ada untuk menyamakan visi. Saya ingat pas ikut Communination dulu karya saya melenceng banget dari brief gara-gara gak ikut kumpul bahas brief di kampus, haha ... 

Berikutnya adalah insight. Saya rasa saya nggak usah menjelaskan lagi arti dari insight ke teman-teman.  Menurut saya, INSIGHT YANG BENAR ADALAH KUNCI DARI CAMPAIGN YANG OKE. Apa yang membuat saya dan Matahari bisa mendapatkan metal di CP kemaren menurut saya juga karena kami punya insight campaign yang dalam sehingga bisa menarik perhatian juri. Padahal yo cetho nek kreatif-e nggone dewe ki ra mutu, media yang dipakai juga biasa aja. Kenapa insight begitu penting? Karena insight yang bagus adalah syarat yang bisa membuat campaign kalian benar-benar bisa menyentuh target audience. Beberapa poin yang menurut saya penting ketika mencari insight adalah : 

1. Kemampuan untuk memahami pikiran target audience adalah kunci utama untuk mendapatkan insight yang baik. Kalau bisa lakukanlah riset kecil-kecilan terhdap target auidence untuk mempelajari pola pemikiran mereka. Tanya pendapat teman di facebook atau twitter adalah cara yang mungkin bisa dilakukan. 

2. JANGAN BERASUMSI. Belum tentu pemikiranmu tentang orang lain itu benar terjadi di kehidupan nyata. Maksud saya seringkali kita berpikir bahwa pemikiran target audence itu seperti ‘ini’, padahal sebenarnya tidak seperti itu. Waktu kumpul-kumpul buat ngomongin CP kemaren saya juga sempat dengar hal semacam itu. Misalnya karena di keluargamu tidak ada kebiasaan untuk berdoa bersama sebelum makan atau ayah tidak memasak di rumah bukan berarti keluarga lain tidak melakukannya. 

3.   Menurut saya insight yang baik itu pertama benar-benar berasal dari hati target audience. Memiliki nilai emosional yang dalam. Hal-hal seperti hubungan keluarga, kenangan, kebiasaan masa kecil, kebiasaan yang sederhana namun selalu dilakukan adalah contoh insight-nsight yang baik untuk digali. Kedua adalah relevan dengan brand. Maksudnya apabila insight itu digali maka nantinya kreatif yang dihasilkan memang pas dengan brief yang diberikan oleh brand. 

BERPUTAR-PUTAR SOAL KREATIF

Pertama-tama biar saya katakan bahwa adalah tidak benar bahwa kalian harus bisa desain untuk bisa jadi orang kreatif iklan. Kalao kalian nggak bisa desain, nggak masalah asal kalian bisa menulis. Copywriter-copywriter di agency ternama itu belakangan saya tahu ternyata juga penulis novel dan cerpen lho. Dan kalaupun kalian nggak hebat soal desain, minimal kalian tahu tentang seni visual. Kalian tahu dikit-dikit apa sih gaya visual yang lagi in saat ini, apa sih vektor itu, gimana sih tipografi yang baik itu, bikin storyboard yang bagus tu gimana sih, dan lain-lain. 

Tentang masalah kreatif ini saya mungkin nggak bisa cerita banyak. Ini spesialisasinya Matahari, mungkin dia bisa kasi insight yang lebih mendalam. Tapi mungkin ada beberapa poin yang bisa saya sharing ke teman-teman: 

1.  Teruslah berlatih dan membiasakan diri untuk membiuat karya kreatif secara berkala. Entah itu menulis di blog, membuat copy-copy di twitter, membuat postingan lucu dengan meme di 9gag umpamanya, membuat desain, bikin video, dan lain sebagainya. Latihan dan pembiasaan yang nantinya bakal membuat kalian bakal terasah sense-nya. 

2.  Jangan takut berpikir gila atau berbeda. Dengan begitu kalian bakal bisa menghadirkan ide segar. Lihat saja si Matahari dengan blognya itu, dan sekarang lihat kayak apa dia sekarang. Magang di JWT, diajak magang di agency-agency lain, idola gadis-gadis.  Intinya: hindarilah jadi seseorang yang membosankan. 

3.   Sudah waktunya buat temen-temen untuk beralih dari media konvensional macem print ad, radio, dan TVC ke uncoventional media dan online. Waktu saya di CP kemaren rasanya saya sadar kalau sekarang dunia kreatif berbondong-bondong ke arah sana. Maka bersyukurlah buat kalian yang ngerti bikin web atau ngerti tetek-bengek android dan semacamnya. Cobalah untuk membuat kreatif di daerah ini karena poinnya akan bernilai besar kalau karya kalian diapprove oleh para juri. 

4.       Jangan karena kalian ingin campaign kalian terlihat keren macem 360 degree terus semua media asal saja kalian pakai. TVC iya, print ad iya, poster, direct mail, facebook fan page, semuanya asal saja dimasukkan. Ingat bahwa di beberapa brief lomba biasanya disertakan juga perkiraan finansial klien. Dan jangan lupa bahwa dengan kalian memakai semua lini media bukan berarti campaign kalian akan efektif. Juri menurut saya biasanya lebih memilih media yang murah, sederhana, tapi executable dan punya impact yang memang pas ke target audience. 

5.       Satu kritikan yang diberikan oleh mas Yerry indrajaya ke kami waktu Pinasthika adalah tentang pemasangan facebook page dan akun twitter dalam campaign. Online media yang dimaksud bukan cuman bikin akun fb dan twitter doang, kalo itu semua orang juga bisa. Yang dinilai bagus oleh para juri adalah apabila lini online itu bisa punya sinergi dengan keseluruhan campaign, jadi bener-bener punya impact. Bnetuk camapign online yang bagus mungkin bsia ditanyain ke Japra dan Jaya dari Undip yang kemaren dapet metal di Caraka dan CP juga.




Tidak ada komentar: