Kamis, 09 Februari 2012

Tentang Adek-adek Kelas dan Jurusan Komunikasi Saat Ini




Beberapa saat yang lalu saya dan seorang teman iseng-iseng membuka obrolan tentang situasi jurusan komunikasi saat ini. Selo sekali memang. Layaknya nasib para insan-insan angkatan tua yang kian galau menghadapi umur 20an sehingga mengubah obrolan umum menjadi sok lebih bermutu. Entah darimana awalnya namun tiba-tiba saja obrolan kami sampai pada tema tentang sepak terjang adek-adek kelas di dunia kreatif. Entah itu film, video, foto, desain, iklan mungkin, apa saja. Maklum lah, ceritanya kami berduaini sama-sama suka desain. Dari obrolan ngalor ngidul itu teman saya akhirnya berkomentar bahwa sayang sekali di angkatan setelah kami karya-karya kreatif nampaknya masih kurang terdengar gaungnya. Ya mungkin kami-nya saja yang sok tau, udah angkatan tua njuk sok wangun dewe, atau memang kurang update perkembangan. Saya yang ndengerin sambil ngelamun itupun tapi toh akhirnya juga manggut-manggut dengan opini tersebut. "Ya minimal angkatan kita punya April lah, atau Ojan, atau Matahari. Jadi bisa 'bersaing' dengan angkatan atas bangsanya Yogi atau Mas David misalnya, hehe ...", ujar saya waktu itu. Tapi tiba-tiba temen saya itu kemudian nyeletuk," ... Atau mungkin itu benernya salah kita juga. Kita ni jarang banget ngajak adek kelas buat bikin apa gitu. Kurang dikaderisasi, kurang dilibatkan. Kayak kian renggang gitu hubungannya ...".

Weleh.

Komentar ini nohok banget. Nohok karena emang ada benernya.

Saya pun akhirnya mau nggak mau akhirnya kembali menengok ke belakang. Nggak bisa dipungkiri kalo apapun hasil yang sudah saya capai sampe sekarang itu juga benernya nggak bisa lepas dari pengaruh senior. Walaupun enggak diajari secara langsung, tapi toh saya dan teman-teman seangkatan dulu juga belajar tentang banyak waktu ikut kegiatan bareng kakak-kakak kelas. Mulai dari jamannya mbabu di PPC ma Deadline jadi tukang bikin poster kegiatan sampe diajak jadi editor video bareng Andi Yogi cs di proyeknya Sari Husada. Saya juga belajar banyak waktu jadi tukang desainnya Mbak Loli dan Damar waktu mereka menang gold Citra Pariwara 2 tahun lalu. Waktu di PPC dulu saya juga ingat walaupun awalnya kita yang angkatan muda ini malu-malu waktu nyoba kumpul ma senior di Kepel, toh akhirnya para senior itu juga dengan senang hati nanggepin kita. Soal kenapa saya bisa akrab dengan Awe dan Yogi yang terkenal mesum waktu itu saya sendiri juga kurang tau. Tapi ya bagaimanapun juga terlibat dengan proyek bareng kakak kelas itulah yang bikin saya jadi kenal banyak orang di angkatan atas. Mungkin karena ikut terlibat dalam proses itu juga yang membuat saya tahu berbagai macam hal dari sebuah proyek kreatif.

Cah-cah PPC jaman mbiyen, haha ... 

Saya juga nggak seberapa ngerti kenapa hubungan antar angkatan, menurut saya, sekarang kurang begitu dekat dibandingkan dulu. Saya denger sejak setahun kemaren BSO jadi sepi peminat. Kalaupun ada diklat orang yang ikut bisa diitung jari. Dengar-dengar cara-acara BSO juga nggak aktif banget kayak jaman dulu. Saya juga denger-denger katanya ada crash antar angkatan, misalnya angkatan 2008 dengan 2010. Akar persoalannya yo mbuh opo, nggak ngerti itu mana yang bener. Anak-anak komunikasi jadi lebih aktif di luar jurusan. Ya benernya nggak papa sih, cuman rasanya nggak enak aja. Jadi kerasa kurang guyub, kurang nyatu. Mungkin salah satunya karena karena sekarang nggak ada tempat semacam Kepel yang bisa nyatuin semua angkatan di satu tempat. Sekarang rasanya saya merasa bersalah sebagai angkatan atas karena waktu kemaren-kemaren bikin proyek kreatif gak bisa sering ngajak adek kelas buat terlibat. Mungkin waktu kemaren-kemaren saya dan teman-teman seangkatan terlalu angkuh (atau benernya malu-malu?) buat bisa dekat dengan adek kelas. Kayaknya di angkatan saya cuman Cahya Purusatama yang keliatannya konsisten terus nyoba buat ngerangkul angkatan bawah (walaupun yang dirangkul dulu juga sudah pergi sekarang *uhukngising). Tapi beneran, jadi malu rasanya sama senior-senior yang dulu udah ngajarin saya. Ya semoga ke depannya kalau ada ide proyek-proyek kreatif apa gitu saya bisa melibatkan adek-adek kelas yang berminat buat belajar. Kalau ada teman-teman angkatan bawah yang mbok pengen sharing, ngobrol, njaluk diajari, po maneh njaluk dirabi yo monggo. Saya dan teman-teman dengan senang hati InsyaAllah bakal membantu. Dadi angkatan tuwo masiyo hebat koyo opo nek ora tutur tinular karo adi kelase yo percuma, ilmune ora barokah. Untuk sementara habis ini saya bakal posting tulisan tentang sedikit yang saya pelajari waktu kemaren dapet metal di Pinasthika ma CP. Siapa tau berguna buat adek-adek yang juga concern ke iklan :)    


Tidak ada komentar: